expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Rabu, 13 November 2013

Sepenggal kisah di PPS BRI

Kalau sebelumnya saya cerita tentang proses melamar kerja di PCPM BI dan PT PTI Wardah, sekarang saya mau cerita bagaimana perjuangan ikut seleksi masuk di Program Pengembangan Staf BRI (PPS BRI).

Jum’at kemarin bermula dari lagi asik nyantai, menikmati dinginnya hujan n berniat buat mbolos Les, *hehehhe nakall :p , tiba-tiba dapet sms dari tidak ada nomor, tapi tertulis "BANK-BRI", bahwa akan ada seleksi wawancara awal di Sentra Pendidikan BRI Yogyakarta dari tanggal sekian sampai tanggal sekian. Kemudian berlanjut dari sms temen, yg kembali bertanya, mo ikut gak test nya.. Sebenarnya sih, ngelamarnya dah cukup lama, tapi yah,,ikutin aja deh, barangkali rejeki... :)

Acara pun berlanjut, , buka web BRI KARIR disitu diumumin siapa aja, tanggal berapa dan jam berapa kita harus datang. Juga dikasih tau suruh bawa apa saja.
Saat itu, saya ingat disuruh :
  1. Bawa Foto berwarna 3x4 1 lembar
  2. Bawa Alat tulis + papan
  3. Mengingat nomor tes
  4. Berpakaian rapi dan sopan (gak harus hitam putih lo yaa..)
  5. Hadir 15 menit sebelum jadwal.

Saya kebagian siang, rada males sih, tau sendirilah, jogja klu tiba habis dzuhur selalu hujan sekarang ini, apalagi tempat test ny di utara KM 14.. *huwaahhh L . akhirnya hari H tiba, dateng lah saya ke lokasi yang ditentukan... kayak org kerja aj, serba rapi :D, berangkatlah saya jam 11 lebih.

Sampai sana masih jam 12, setelah clinguk-clinguk bingung mau kemana, kenalan deh sama yang pada lagi nunggu test.. *sok kenal*, akhirnya sama-sama kita ke lantai 2. Pas lagi ngobrol asyik, eh ada yang manggil saya.. owow, ternyata temen SMP, akhirnya ada juga temen yg dikenal.. :D akhirnya barang deh qta nunggu giliran dikasih form J

Buat informasi ya, yang lolos administrasi itu sekitar 1200an org, yang hari itu dipanggil sekitar 400an orang dibagi 4 waktu : jam 8, jam 10, jam 13.00, jam 14.30 . Sampai di lantai 2, ternyata antrian ny dah panjaaaanggg banged, yang nunggu berserakan dimana mana.. *hohoho. Akhirnya setelah nanya, kita nunggu di anak tangga sampe jam 1. Tanda tangan daftar hadir, isi formulir, tempel foto, menunggu urutan untuk dipanggil.
Selama nunggu itu, kita bingung mau apa, akhirnya ngobrol deh. Ada yang anak Hukum, TP, Komunikasi, dll. Perasaaan saya saat itu adalah HAUS + LAPAR, cuma makan pagi doang n gak bawa minum (*kebiasaan) .

Eng ing Eng! jam 2 berlalu, masih belum ada tanda-tanda interview dimulai, kita yang duduk dipinggiran ruangan mulai ngantuk L HIKS HIKS! langsung MALESSS, bakal lama banget deh... L

Jam 2an lebih, akhirnya saya dipanggil kedalam ruangan interview dan dipanggil berdasarkan urutan form.. dan yang masuk itu berlima -berlima!

Nah ini pengalam saya.......

Wawancara Awal
Biasanya kan tes pertama itu tes tertulis, nah ini udah langsung wawancara aja - saya bingung dan deg degan banget (sumpah) takut ditanya macem macem dan pengalaman pertama saya wawancara kerja. Peng- interview nya cuma 1 orang, itu gak tau masi mbak2 ato dah ibuk2, kyknya dah ibuk2 deh.. *eheheh, di samping ibuk nya ada papan menghadap ke kami. Wawancara awal pas saya itu masuk 5 orang terus setiap orang suruh jawab pertanyaan yang sama yang ditulis di papan tulis, pertanyaannya kurang lebih kaya gini:
  1. Apa yang anda ketahui tentang BANK?
  2. Apa Motivasi Anda Bergabung di PPS BRI?
  3. Jika terpilih, kontribusi apa yang dapat anda berikan kepada BRI sesuai dengan bidang pendidikan anda?
Nah, secara urut dari urutan masuk, kita harus menjawab ketiga pertanyaan ini.

Jadi pas masuk itu (harusnya salaman dulu, *tapi gak pada salaman), terus ngasih formulir yang sudah diisi, kemudian duduk. saya kebagian duduk nomor 2, *hehehehhe.
Gak sampe 5 menit kok! langsung boleh PULANG!
Sekian nih cerita dari saya, lolos/gaknya hanya Allah yang tau yang terbaik buat saya. Kalau saya nulis Seleksi masuk PPS BRI (Program Pengembangan Staf Bank Republik Indonesia) jilid II, berarti saya lolos. J

Buat yang mau PPS BRI, Good Luck!
Semoga Tulisan saya membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar