expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Kamis, 21 November 2013

Sepenggal kisah di PPS BRI JILID II



Beberapa hari yg lalu saya pernah nulis tentang wawancara awal saya untuk PPS BRI kan. nah, alhamdulillah tanggal 15 Nov, sore hari, kondisi jogja yang diselimuti hujan deras. Jadi inget, waktu wawancara awal, mbakny yang njaga bilang, klu lolos tahap ini, bakal di sms jum’at sore untuk mengikuti test tahap awal pada hari berikutnya. agak gak yakin sih, klu tahap wawancara awal kemaren bisa lolos, tapi Alhamdulillah saya dapat sms dengan header yg sama kayak pengumuman undangan wawancara awal kemarin yang menyatakan lolos ke tahap test tertulis tanggal 16/11 di Ruang Auditorium UII Jakal KM 14. Itu kalo dari rumah terasa hampir 1 jam perjalanan (berasa jauhhh), ga nyangka bisa lulus, bersyukur banget :D

16 November 2013
Akhirnya hari mendebarkan itu datang juga. nah pada hari H saya berangkat sekitar jam 6.30wib dari rumah karena lokasi gedungnya lumayan jauh dari rumah. sampe digedung ternyata banyak wajah yg tidak saya kenal. T_T akhirnya, mulai lah buka2 daftar peserta yang lolos tahap ini, eh akhirnya nemu ada juga temen yang lolos.. (*senyumsenyum*) #akhirnya ada temen.. :p

pas jam 8 semua suruh masuk ruangan, duduk terserah, karena ruangannya luas banged, saya dan teman saya memilih tempat yang ditengah, biar dapat dengan jelas ngeliat monitor yang di pajang didepan. (*g ketutupan tiang), sebelumnya kita absen dulu baru diberi penjelasan singkat sama panitia yg ternyata tim assesmen dari IPB.

Tes tertulis hari itu gabungan dari macam-macam test, yaitu psikotes, tes bahasa inggris, dan wawancara psikolog. tes hari itu terbagi menjadi dua sesi, yang pertama adalah sesi psikotes sedangkan sesi 2 adalah test bahasa inggris dan wawancara psikolog. Sekedar info, sesi 1 dan sesi 2 berlaku sistem gugur, jadi jika psikotes kalian tidak lolos, maka kalian dapat meninggalkan lokasi tes. Sebaliknya, jika kalian lolos psikotes, maka kalian akan melaju ke sesi dua yaitu tes bahasa inggris dan wawancara psikolog.

Pada tahap ini dari total sekitar 1200an + 600an(jobfair)  kandidat PPS BRI yang mengikuti wawancara awal, hanya sekitar 399 kandidat yang sampai pada tahap ini. Bank BRI dalam hal rekrutmen kali ini bekerja sama dengan IPB. Psikotes mereka adalah psikotes seperti pada umumnya, yaitu irama gambar, kemampuan verbal, dll. Gambar menggambar, tes Wartegg dan tes koran atau tes pauli  juga selalu menjadi primadona dalam setiap psikotes. Beberapa tes kepribadian juga ada dalam rangkaian psikotes di hari itu.

15 menit setelah psikotest usai, maka pengumuman siapa saja yang lolos sesi 1 dan melaju ke sesi 2. Panitia memberikan waktu istirahat untuk makan dan sholat, serta sambil menunggu pengumuman bagi yang lolos tahap ini (Alhamdulillah dapat nasi kotak dari BRI ^_^ ). Akhirnya, pengumuman bagi peserta yang tidak lolos, ditempel didepan pintu auditoriumnya, Saat itu saya agak ragu untuk melihat pengumuman tersebut. Saat teman-teman lain berebut melihat nama mereka, saya lebih memilih untuk berdiam diri sejenak. Ternyata yang gugur dalam sesi ini, hanya sedikit. Serasa tak percaya saya pun melihat pengumuman tersebut. Alhamdulillah, saya lolos ke test bahasa inggris dan dilanjutkan wawancara psikolog. Lokasi test tetap saja padat meskipun beberapa nama yang tidak lolos ke tahap berikutnya beranjak pergi.

Selanjutnya, karena tes bahasa inggris  akan segera dimulai dengan durasi waktu tes selama 2 jam. Tes bahasa inggris ini menurut ku seperti test toefl, bukan test toeic, tetapi ada tambahan writting ny. Setelah itu dilanjutkan tahap wawancara psikolog yang dilaksanakan setelah sholat maghrib.

Saat itu dari sekitar 399 peserta, yang tersisa dan melaju ke tahap ini adalah 300an orang. Kami terbagi menjadi 8 kelompok, dimana terdapat sekitar 40 kandidat di setiap kelompok. Masing-masing kelompok berisi para psikolog yang siap mewawancarai kita. Pertanyaan kali ini berbeda-beda setiap orangnya, ya suka-suka yang nanya gitu lah bahasa gaulnya. Saya dapat sesi wawncara sekitar jam 20:30, waktu yang cukup lama untuk menunggu. waktu saya wawancara psikolog pertanyaannya sekitar prestasi dan pengalaman organisasi. Wawancara usai..
Dan akhirnya semua tahapan untuk hari ini kelar.

Saatnya pulang dan menyerahkan sisanya pada Allah SWT, karena sebagai manusia saya telah melakukan apa yang menjadi bagian saya seharian tadi dan Sang Maha Pemberi Rezeki lah yang memutuskannya. Sampai di rumah sekitar pukul 22:00 WIB ^_^

Dengar-dengar info, Pengumuman yang maju untuk interview direksi baru akan di umumkan sekitar sebulan dari tes kemarin, langsung di web nya BRI. Itu artinya selama sebulan ini masih H2C, sambil terus berdoa.
Mohon doanya teman-teman ^_^
semoga tulisan ini ada kelanjutannya ke wawancara direksi dan mcu.
aamiin :-*

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar