expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Selasa, 03 Desember 2013

Perjuangan di PT Asuransi Jiwasraya (PERSERO)


Kalau sebelumnya saya cerita tentang proses melamar kerja di PCPM BI,  PT PTI Wardah,  dan PPS BRI, sekarang saya mau cerita bagaimana perjuangan ikut seleksi masuk di PT Asuransi Jiwasraya (PERSERO)
  

Senin, 18 November, sore-sore pula.. tiba2 ada nomor yg g dikenal mengirim sms kpada saya, yg isinya : “diundang utk mengikuti test tertulis pd 27 nov ’13 di Audit LPP kampus Yogyakarta, bwa foto 2 lbr, n bpakaian rapi. Ttd tim rekrutmen jiwasraya”. Woww.. kaget sih, ini lamaran dah lama banget ngirimnya, klu g salah t’akhir 5 oktober, bru dipanggil pertengahan november. #Hmzz... :)

Acara pun berlanjut, jadwal tes nya siang, rada males sih, tau sendirilah, jogja klu tiba habis dzuhur selalu hujan sekarang ini, *huwaahhh L . akhirnya hari H tiba, dateng lah saya ke lokasi yang ditentukan... kayak org kerja aj, serba rapi :D, berangkatlah saya jam 11 lebih bersama temn yg jg ikut mndaftar dsn.

Sampai sana masih jam 12an, setelah clinguk-clinguk bingung mau duduk dmn, soalnya didpan auditoriumnya dah pada jejer2 yg duduk, menunggu masuk. Akhirnya saya ke mushola deh, sholat dulu. J
Akhirnya kmbali ke depan auditorium, ktemu temen yg lain lagi, yg sma2 ikut Js, woww.. trnyata banyak juga tmn yg ikut.. (*lebih dr 1.. #ehehehe). Tibalah waktunya, jam 13.00, peserta dipersilahkan memasuki ruangan tetapi sebelumnya absen terlebih dahulu..

Buat informasi ya, ternyata pas absen yang lolos administrasi itu sekitar 250an org. Didalam ruangan, panitia mengkondisikan peserta, dan diharap memenuhi tempat duduk dibagian depan terlebih dahulu. Saya duduk dibangku k3, jejer ma anak UPN, ngobrol2.. ehh ternyata dah kerja, tapi malah nyari2 pkerjaan lain lagi... *ya ampunn..* saya aj belum dapet kerja, eh dy malah dah mau resign aj L

Nah ini pengalam saya.......

Saatnya tes dimulai, hari itu, tes pengetahuan umum dan bahasa inggris.. sblum tes dimulai, panitia menjelaskan tata cara tes, tidak lupa dijelaskan bahwa Jiwasraya merekrut anggota yang bersedia di tempatkan diseluruh indonesia... jadi, yang ragu2 dan tidak bersedia, silahkan pulang... #waww.. *ahahahah (pintu selalu terbuka untuk jalan pulang).. *eheheh

Lanjut,
Sebelum tes dimulai, peserta di minta untuk mengisi Form, mirip kayak CV sih.. trus ditempel foto 4x6.. setelah itu, lanjut tes tentang diri sebanyak 24 soal (*Lupa namanya), habis itu lanjut tes pengetahuan umum, ya ada soal bahasa indo nya, ada soal matematikanya, ada soal persamaan kata, yahh total soal, sekitar 50 lah... setelah tes pengetahuan umum slese, kemudian dilanjut tes bahasa inggris, tes ny cm 23 soal, 20 soal reading n 3 soal writting.. *hmzz...
oh iya, selama tes berlangsung, peserta dilarang untuk ke toilet, jadi klu ada yg mo k toilet, y sblum test, pas tes kpengen ketoilet, sebaiknya ditahan dulu.. hohoho.. #gmnCeritanya.. :p

Tes hari itu pun usai..
Tes yg dimulai pukul 13.00 berakhir sekitar pukul 16.00
Kemudian pihak panitia, menginfokan bahwa pengumuman tahap selanjutnya, akan ditempel pada pukul 18.00 di kantor jiwasraya ataupun di audit LPP...
Karena saya tidak yakin dengan hasil kerja saya hari itu, akhirnya saya meminta teman untuk melihat pengumumannya, jadi klu saya lolos tahap selanjutnya, minta dikabari.. *manja :p
#owowow... malam hari, Hp berdering, n ternyata salah satu teman memberitahukan klu saya akan mengikuti interview HR hari jum’at pukul 09.00 :D
Serasa gak percaya, klu lanjut ketahap ini...
#semangat :p
Sekedar info, yg lanjut tahap interview HR sekitar 96 orang yang dibagi dalam 2 hari.

Lanjut dah, saya mulai buka mbah gugel, sapa tau ada yang ngasih info mngenai pengrekrutan pegawai jiwasraya... owow, ternyata cm ada di kaskus... akhirnya, berselancarlah saya mencari info tentang apa yg dibutuhkan... #hmzz... asyikk banyak banged info dstu, dipahami satu demi satu.. :D
Berhubung ada teman yg dapat jadwal hari kamis dan saya dapat hari jum’at, akhirnya tanya2 lah sama teman yg dah interview... dijelasin deh.. *blablabla... #hihihi

Jum’at pun tiba, mulai dagdigdug, maklum.. baru pengalaman pertama ikut interview HR, takut grogi, takut gak percaya diri.. saya dapat jadwal jam 09.00, tetapi saya datang ½ jam lebih awal, dan itu baru mulai orang pertama wawancara yg jadwalny jam 8, (artinya : molor ½ jam). Jam 9 berlalu, dan saya belum juga di panggil (makin dagdigdug), jam 10 pun berlalu, dipanggil lah saya untuk masuk kedalam ruangan yang didalamnya sudah ada 2 orang penginterview (pas waktu saya, 1 cew n 1 cow). Grogi sih ada pas pertama tatap muka, tapi setelah dipersilahkan duduk, jadi gak grogi lagi, yang nginterview ramah ramah, g seperti yang dibayangkan. :D

Interview pun dimulai, pertama sih ditanyain seputar CV, *blablabla... kmudian lanjut seputar gaji.. *blablabla.. lanjut lagi seputar penempatan.. nah ini point penting, karena perusahaan ini menginginkan karyawannya bersedia ditempatkan diseluruh indo.. maka dari itu, jadi klu yg g dapat ijin ortu, ato blum ijin ortu.. bahaya tuh, krn stelah pewawncara merasa yakin dg jawaban kita, beliau meminta kita untuk ttd diatas materai 6000 klu kita bersedia dan sanggup ditempatkan diseluruh indo. Pada saat itu, saya disuruh ttd, tapi bbrapa teman tidak diminta utk ttd.. *infonya sih (yg g ttd, gak lolos tahap slanjutnya).  Akhir wawncara, pewawancara bertanya kpd saya, apa ada yang perlu saya tanyakan.. y saya tanya *blablabla.... :p

Wawancara pun selesai..
Kemudian salah satu pewawancara, memberitahukan bahwa jika saya lolos tahap selanjutnya, saya akan di beritahu melalui sms dan info pengumuman juga akan ditempel di depan pada hari sabtu dan tes selanjutnya akan diadakan pada hari senin.
Saya pun keluar ruangan, *lega..
Saya benar2 merasa ini wawancara yg menyenangkan, krn tidak ada sedikit keraguan ato merasa grogi saat ditanya2 pewawancara didalam tadi :D
Oh iya, interview ny sekitar 20 menitan, tapi klu dah didalam terasa cepet kok..

Jum’at pun berlalu..
Pagi sbtu, sekitar pukul 10an, ada sms dari nomor yang tidak sy kenal yang memberitahukan bahwa sya ikut psikotest jiwasraya di wisma kagama ugm pada hari senin, ½ 8 pagi, diharap hadir tepat waktu.
#alhamdulillah...
Kemudian sya mulai sms 2 org tmn, yg jg ikut, ternyata g ada sms utk mereka..
Alhasil, saya sendiri lagi dah...
Benar2 tidak terduga, tahap demi tahap mulai dijalani...
Ternyata yg lolos tahap ini 50 orang.

Senin pun tiba, sampailah sy di wisma kagama, mulai mencari2 apa ada yg sya kenal.. #taraa.. akhirnya, sya melihat ada 3 org kakak tingkat.. *syukurlah ada yg diajak ngobrol :D
Sudah jam 8, tes blum jg dimulai...
Akhirny ½ 9 tes bru dimulai, psikotes ini seperti psikotes pada umumnya, yaitu irama gambar, kemampuan verbal, dll. Gambar menggambar, tes Wartegg dan tes koran atau tes pauli  juga selalu menjadi primadona dalam setiap psikotes. Beberapa tes kepribadian juga ada dalam rangkaian psikotes di hari itu. Psikotes berakhir sekitar pukul ½ 2. Kemudian dilanjut istirahat hingga ½ 3.

Setelah istirahat, seleksi pun berlanjut k tahap interview psikolog. Dalam seleksi ini, diutamakan yang berasal dari luar kota karena hari sudah sore. Pada tahap ini ada 4 orang pewawncara yang siap mewawncarai para kandidat :D. Setiap pewawncara mempunyai pertanyaan berbeda-beda pada setiap orangnya, ya suka-suka yang nanya gitu lah bahasa gaulnya. Saya dapat sesi wawncara paling akhir sekitar jam ½ 6 sore, waktu yang cukup lama untuk menunggu. waktu saya wawancara psikolog pertanyaannya sekitar prestasi, keluarga, kegiatan, dan pengalaman organisasi.
Wawancara usai..
Dan akhirnya semua tahapan untuk hari ini kelar.

Denger2 info, pengumuman untuk tahap ini, sekitar 2minggu sampai 1 bulan.. *woww
Waktu yg cukup lama untuk menunggu..
Itu artinya selama sebulan ini masih H2C, sambil terus berdoa.
Mohon doanya teman-teman ^_^
semoga tulisan ini ada kelanjutannya ke tes terakhir di perusahaan ini adalah tes kesehatan dan menjadi bagian dari perusahaan BUMN ini.

aamiin :-*
#Bismillah aja deh,
Klu dah dsni rejekinya, pasti diberikan yg tbaik n kemudahan untuk menjalaninya.
#aamiin... :D
#Semangat..

sampe tulisan ini sya buat, saya masih menunggu pengumuman hasil psikotest dan interview psikolog untuk lanjut ke tes kesehatan.

Semoga tulisan ini bermanfaat.
:-*

51 komentar:

  1. Halo mba Rahmah, sekarang mba udah keterima di Jiwasraya? kalo iya, boleh tau posisinya apa? atau kalo gak mba sekarang kerja dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hay mawa... iya, sekarang sy di Jiwasraya di bagian pertanggungan nya ^_^

      Hapus
  2. Share info tes2 di Jiwasraya dong kak... please... email juga boleh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba buka kaskus, banyak tuh yg koment tentang test2 di JS

      Hapus
  3. Balasan
    1. nanti bisa ditanyakan pada saat wawancara HRD :D
      karena tiap angkatan bisa beda-beda

      Hapus
  4. miftahu rahmah, minta tkg shae donk ke ane gimana benefitnya? mulai gaji,tunjangan, atau karir disna?
    hehe
    ane lagi proses rekrutmen nie, doakan ane ya.
    trims
    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga sukses :D
      dicoba aja dulu...
      *selamat mencoba ^_^

      Hapus
  5. assalamualikum kak...share dunk cara pengisian pengalaman seminar ma wawancara waktu ngisi biodata buat tes jiwasraya.apa harus diisi banyak ya pengalamannya?..makasi kak

    BalasHapus
  6. assalamualikum mbak...share dunk kak...pengisian pengalaman organisasi dan seminar buat bkn akun lamaran di js..apa harus banyak ya kak pengalamannya?? makasi kak

    BalasHapus
  7. Js bukaan lagi ya kak januari ini ?
    dulu kakak apply nya lewat online juga kah ?
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bukaan lagi, 17-23jan.. silahkan mencoba :D
      dulu sih saya ndaftar kirim via pos

      Hapus
    2. Itu ujian pertama (TKD) tingkat kesulitan soalnya gimana waktu itu kak?
      Oh iya dulu kakak buat posisi apa?

      Hapus
    3. tergantung tiap orang sih.. :D
      saya dulu bagian Administrator/Staff,

      Hapus
  8. mau tanya seleksi jiwasraya 2015 apa sama tahapannya dgn seleksi tahun2 sblmnnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah klu itu, saya kurang tau...
      coba aja ikutin tahapan2nya :D

      Hapus
  9. klo milih underwriter kualifikasi pegawai yg dibutuhkn jiwasraya sprt apa? maaf kak banyak nanya :D Oia, misalnya hengkang dr asuransi swasta hijrah ke jiwasraya apa gpp? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jawabannya cuma tiga kata "Datang, Buktikan & Rasakan".
      bisa lanjut nih, baca-baca di https://harlysakura.wordpress.com/

      Hapus
  10. Mau tanya mbak, untuk pengisian pengalaman organisasi dan seminar saya selalu gagal dan harus mengulang lagi karena akan selalu muncul keterangan The connection was restart, padahal sinyal inet tdk bermasalah. apa teman-teman ada yang mengalami hal sama juga? atau mba Miftahu punya solusi lain?

    terima kasih banyak mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh, kemungkinan pada saat itu banyak yg sedang login..

      Hapus
  11. Mbak mau nanya tentang jobdesk.gambaran pekerjaan bagian legal officer, general affairs, customer relation seperti apa ya? terimakasihh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah klu itu saya kurang paham, karena saya tidak di bagian itu.. maaf belum bisa membantu :D
      bisa ditanya langsung saat wawancara, ^_^

      Hapus
  12. Pagi kak Miftahu Rahmah, mau tanya kak ttg penempatan kerjanya itu apa disesuaikan sm domisilinya ya? misal saya tinggal di Jogja kota, brarti nanti kerjanya di kantor Js sekitar Jogja gitu kak? :) maaf kak soalnya saya msh minim penglman melamar kerja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. klu penempatan sih, waktu ndaftar kan sudah ada syarat nya "bersedia ditempatkan diseluruh indonesia" :D
      jadi siap-siap.. hheheh
      saya juga dulu ngarep biar bisa ditempatin di Jogja, :D

      Hapus
  13. nanya ka.. milih bagian yg dilamar itu pd tahap apa???
    pas di tahapan seleksi adminitrasi gak ada pilihan bidang yg dilamar O_o

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah klu itu saya kurang tau, karena waktu saya masuk JS, hanya ada satu bagian aja...

      Hapus
  14. Aku ada tiga pertanyaan kak, pertama kali training itu berapa bulan? Terus untuk penempatan itu full random atau berdasarkan prestasi waktu training? taun ini kan daftarnya nggak milih posisi, nah penentuan posisinya nanti berdasar apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang jelas, pegawai kontrak setahun.
      penempatan suka-suka sdm, aku gak tau ngeliat dari segi apa nya..
      klu penentuan posisi, untuk yang sekarang juga kurang tau, karena saya bukan divisi sdm *maaf ^_^

      Hapus
  15. kak miftah, skrng penempatan dimana?

    BalasHapus
  16. Pagi kak Miftah, saya baca artikelnya yg "Perjuangan Js Jilid 2" klo nggk salah kakak skrg ditempatkan di Jakarta ya? kira2 sampe brp lama kak disana? trus bisa nggk ya kak suatu saat pgen pindah/ditempatkan ke Js deket daerah asal gtu?
    makasi kak miftah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoyoy..
      betul banged ^_^
      gak tau deh sampe kpan, sampe ada mutasi mungkin.. hihihi...
      #So, ditempatin dimana pun harus tetap bersyukur :D
      kan sesuai komitmen awal "Bersedia ditempatkan diseluruh indonesia"
      *Semangat :D

      Hapus
  17. Kak Miftah, mengenai bahasa inggris, tes reading sama soal writingnya gimana bentuknya kak ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu sih, bhs inggris di soal essay.. :D
      klu g salah ya... :p

      Hapus
  18. Malam kak miftah
    saya mau nanya buat tes kemampuan umum, soalnya ada yang berkaitan dengan asuransi atau jiwasraya ngak
    trus soal bhs indonesia itu bacaan atau gimana kak
    sama tes matematika itu soalnya menghitung jarak, harga beli dll ya kak....maaf banyak tanya kak,
    biar ada gambaran aja kalau lulus adm buat tes
    pengen bisa join di sini
    terimakasih kak sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, saya agak lupa dulu soalnya gimana...
      klu ttg asuransi sih, kykny soal essay dulu itu.. tapi lupa juga sih :D

      Hapus
  19. assalamualaikum k',
    kk dulu jurusan apa ya k'? sharing donk k' ttg kiat2 menghadapi wawancara?.. btw soal psikotest yg gambar itu seperti ada dikasih suatu garis terus kita lanjutkan garis itu hinnga membentuk suatu gambar ya k'?
    terimakasih k' :)

    BalasHapus
  20. assalamualaikum k',
    kk dulu jurusan apa ya k'?sharing donk k' kiat2 menghadapi wawancara?????soal psikotest yg gambar itu k' seperti ada dikasih satu garis, trus lanjutin garis trsbut shingga membentuk suatu gambar ya k'?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya math murni ^_^
      wah g da kiat2 sih, yg penting klu wawancara jwb sesuai dg apa keadaan kita aja, :D jgn dilebih2 kan.. *prinsip saya sih gitu :D
      *Semangat

      Hapus
    2. Asalamualaikum kakak, bagaiaman kesan nya setelah gabung di JS? Bagi infonya yaa, nuhun ..

      Hapus
  21. Asalamualaikum kakak, bagaimana kesan dan pesannya setelah gabung di JS? Bagi infonya donggg, nuhun ..

    BalasHapus
  22. asalamaualiakum kakak, bagaimana kesan dan pesan nya setelah gabung di JS? Bagi infonya donggg, nuhun

    BalasHapus
  23. kak dlu soal tes na esay or pilhn b'gnd?

    BalasHapus
  24. Malam kak :)
    kak, boleh nanya kak ?
    Sampai sekarang saya lagi proses dalam perekrutan jiwasraya kak :)
    InsyAllah jum'at tanggal 27 februari besok tahap interview nya kak.
    Saya melamar bagian business development support kak.
    kalau boleh tau kak :) apa aja tanggung jawab di dalam BDS yang saya lamar ya kak ? Dan berapa benefit yang saya dapatkan ?
    karna pertanyaaannya agak privasi, boleh tolong di jawab via email aja kak :)
    Alvi.chester8@gmail.com
    mohon jawabannya ya kak. Terima kasih.

    BalasHapus
  25. Mlm mbak...
    Saya mau tny mbak skrg di tempat kan di kota mana?? Apa di tempat kan di jogja jg??
    WawancaraHR lbh spesifik,yg di tnyakan apa ya mbak??

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum wr wb,,
    Selamat sore kak Miftahu Rahmah,,
    Saya mau bertanya tentang Jiwasraya lebih tepatnya penerimaan cuma bersifat private,,
    Saya boleh minta kontak yg bisa dihubungin tidak y mba ?
    Kalau boleh,,bisa tolong dikirim ke email saya wisnubroto1801@gmail.com

    Terima Kasih sebelumnya,,

    BalasHapus